4 Cara Desain Rumah Minimalis

By Ubaidillah

Rumah merupakan salah satu bangunan yang berfungsi untuk melindungi manusia dari panas, hujan, angin dan hal lainnya. Rumah itu benar-benar berguna bagi orang-orang. Sebuah rumah terkadang dibangun di tempat yang luas atau sempit. Untuk membangun sebuah rumah, baik dalam ruang yang luas maupun ruang yang sempit, terlebih dahulu harus ada bentuknya. Sehingga dapat membuat pemilik rumah merasa nyaman. Rumah yang dibangun di ruang sempit sering disebut sebagai rumah minimalis. Desain berarti membuat, menggambar, dan membuat sketsa satu bangunan. Minimalism berarti berusaha untuk menjadi lebih kecil, lebih tepat, atau lebih sedikit.

Desain rumah membuat kesan unik saat dilihat. Desain rumah minimalis biasanya berbentuk, salah satunya berbentuk kubus atau kotak seperti geometris tanpa atap pelana. De Stijl dan Bauhaus memelopori minimalisme dalam dunia arsitektur tahun 1920-an. De Stijl mengutamakan bentuk dan warna ornamen, sedangkan Bauhaus mengutamakan kombinasi seni dan kerajinan dengan teknologi yang mudah diakses.

Jika desain rumah minimalis sudah menjadi tujuan atau keinginan seseorang, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan selalu menjaga rumah tetap bersih dan rapi. Ini adalah hal dasar yang harus dilakukan setiap orang di rumah mereka. Rumah minimalis dan unik ini akan menciptakan suasana santai dan kebahagiaan.

Simak pembahasan 4 rekomendasi desain rumah minimalis, seperti:

1. Desain yang Ringkas

Langkah pertama dalam mendesain rumah minimalis adalah membuat desain rumah yang bersih dan ringkas. Cara termudah adalah membuat desainnya lebih ringkas agar rumah minimalis tetap terlihat tidak kalah indahnya dengan rumah besar dan luas.

2. Keseimbangan antar Elemen Rumah

Langkah kedua adalah menyeimbangkan elemen-elemen di dalam rumah. Misalnya, kursi di ruang tamu cocok dipadukan dengan karpet atau aksesori pencahayaan. Jadi antara dinding rumah, kursi, pigora atau yang lainnya. Hal ini dilakukan agar desain terlihat indah di tempat tinggalnya.

3. Utamakan Kualitas Furniture

Langkah ketiga adalah mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Namanya minimalis, mengutamakan kualitas. Karena minimalis memiliki ruang lingkup yang terbatas. Benda yang dimasukkan ke dalam rumah minimalis terlebih dahulu harus dinilai kualitasnya. Intinya adalah menambahkan beberapa furnitur.

4. Menambahkan Struktur ke Desain

Langkah terakhir adalah menambahkan struktur pada desain rumah. Sampel; menambahkan kayu, batu, atau struktur lain untuk mencampur dan mencocokkan ruang. Jika ruang diatur ke putih sebagai warna dasar, tekstur objek harus sesuatu selain putih. Bisa berwarna krem, coklat, Coca-Cola, abu-abu atau warna lain. Ada ubin dinding kamar mandi yang terlihat licin, dan ada kayu di atapnya, dan lantai keramik memiliki tekstur abu-abu. Tempatkan berbagai warna, bahan, dan struktur agar terlihat minimalis namun tetap eksotis.

Dari panduan detail desain rumah minimalis, dapat disimpulkan bahwa rumah minimalis bukan berarti rumah yang kurang menarik dan indah. Sementara sebuah rumah terlihat minimalis, jika dirancang dan didekorasi dengan benar, ia tidak hanya menjadi rumah minimalis, tetapi juga terlihat indah dan bahkan elegan. Bagi Anda yang akan membangun atau merenovasi rumah dan membutuhkan desain rumah minimalis, Anda dapat menemukannya di Sajasa.com. Sebuah aplikasi yang menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk rumah Anda. Selain jasa desain rumah, Sejasa.com juga menyediakan berbagai layanan yang mejadi kebutuhan Anda. Mulai dari servis alat elektronik, jasa bersih rumah, jasa perawatan tubuh sampai layanan hair care di rumah.